Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Aug 7, 2019 in Articles | 0 comments

“Black Out” Saat Public Speaking

Motivator | Mati listrik massal ( blackout ) yang terjadi di Jakarta, Banten, Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah sejak Minggu 4 agustus 2019 pada pukul 11.45 WIB terjadi selama 8 -18 jam, mencatatkan kerugian besar di beberapa sektor, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan angka kerugiaan dapat mencapai triliun rupiah. PT MRT mencatat kerugian sebesar Rp 507 juta, omset UMKM anjlok 70%, bisnis ritel merugi Rp 100 miliar. Catatan kerugian ini terjadi karena kurangnya antisipasi dari pihak PLN yang seharusnya telah berpengalaman menangani kejadian ini.

Mengantisipasi “black out” saat anda presentasi juga penting sebagai tindakan pencegahan agar presentasi anda berjalan baik. Berikut ini tiga hal yang dapat anda lakukan saat mati lampu sementara anda presentasi :

1. Nyanyi bersama

Saat mati lampu dalam waktu yang lama ( 10 – 20 menit ) anda dapat meminta peserta untuk bernyanyi bersama. Nyanikan lagu-lagu yang membangkitkan kenangan dan pastikan semua peserta mengetahuinya. Contoh : naik-naik kepuncak gunung, balonku.

2. Diskusi kelompok

Mintalah peserta membentuk kelompok bertiga atau berlima dan diskusikan poin-poin yang mereka dapatkan di sesi sebelum lampu padam

3. Lanjutkan materi

Jika poin pertama dan kedua telah anda lakukan, namun lampu belum juga menyala, maka anda dapat melanjutkan materi presentasi dengan berdiri mendekati audiens anda agar suara anda terdengan jelas

Semoga bermanfaat !

Dan mungkin saja, anda bertanya cara belajar presentasi yang hebat. Klik disini dan temukan jawabannya

Motivator | Training Karyawan | Public Speaking

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Matery

Penulis buku best seller Trainepreneur

 

 

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *