Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Feb 10, 2021 in Articles | 0 comments

Pidato Aneh Ala Eric Cantona dan Cara Mengatasinya

Motivator | Eric Cantona, mega bintang Manchester United dan legenda hidup sepak bola Prancis menerima penghargaan UEFA President’s Award tahun ini yang di gelar kamis (29/8) di Monaco. Penghargaan itu diberikan atas dasar perjuangannya selama ini dalam menjalankan misi kemanusiaan.

Cantona membuat seisi ruangan terperangah saat menyampaikan kata sambutan. Tidak jelas apa yang coba ingin disampaikan mantan pemain Manchester United tersebut. Namun, pesannya sungguh aneh dan terkesan dipaksakan. Ia mengutip dari sajak penyair ternama, Shakespeare. Tak banyak ekspresi yang diperlihatkan ketika menyampaikan sambutannya.“Cepat atau lambat, ilmu pengetahuan akan menemukan cara agar kita tidak menua dan manusia bisa hidup abadi. Hanya perang dan kejahatan yang bisa membunuh manusia. Perang masih akan terjadi. Sayangnya, peperangan dan krimimal akan melipatgandakan itu. Aku cinta sepak bola, terima kasih,” ucapnya.

Lalu, bagaimana cara yang cerdas menyusun sebuah kata sambutan saat anda menerima penghargan ? andai saya menjadi Eric Cantona, maka inilah yang akan saya ucapkan :

1. Bukalah dengan pujian kepada panitia, juri atau pihak penyelenggara karena telah memilih anda sebagai salah satu penerima penghargaan. ” Ada banyak hal istimewa yang saya alami dalam hidup, salah satunya adalah berdiri disini untuk menerima penghargaan ini. Terima kasih untuk panitia, juri dan penyelenggara untuk hal yang istimewa ini”

2. Buatlah isi yang singkat, ter struktur dan bermakna. Tiga hal penting yang dapat saya sampaikan :

Pertama, Sepak bola melatih mental kita untuk tidak menyerah sebelum pertandingan selesai. Hidup adalah sebuah pertandingan. Selama itu belum selesai maka berusahalah untuk menang.

Kedua, Pentingnya sebuah tim. Anda tidak akan memenangkan sebuah pertandingan seorang diri. Dalam kehidupan pun, anda membutuhkan orang lain dan orang lain juga membutuhkan anda. Saling membantulah layaknya sebuah tim agar anda dapat memenangkan kompetisi dalam liga kehidupan.

Ketiga, Orang mengatakan saya legenda dalam sepak bola dan hal itu terlalu kecil bagai saya. Saya ingin menjadi legenda dalam kehidupan dengan memenangkan banyak hal baik. Bagitu juga dengan anda. Jadilah legenda dalam kehidupan ini.

3. Tutuplah dengan sebuah kutipan. Dan akhirnya Martin Luther King mengatakan “If a man has not discovered something that he will die for, he isn’t fit to live”

Semoga bermanfaat

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Dan mungkin saja, anda bertanya cara belajar presentasi yang hebat. Klik disini dan temukan jawabannya

MotivatorIndonesiaTraining Karyawan | Public Speaking

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Matery

Penulis buku best seller Trainepreneur

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *