Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Feb 10, 2020 in Articles | 0 comments

Teknik Jitu Malatih Public Speaking Anak

Motivator | Public Speaking Indonesia | Minggu 9 februari adalah hari ‘besar’ bagi saya. Betapa tidak perasaan bangga itu bermain di dalam diri di tambah sedikit rasa cemas melihat Meriel anak saya pertama tampil untuk membawakan seminar di hadapan 500 orang dalam acara Financial Revolution. Betul bahwa anak ini berbakat dan betul juga bahwa anak ini memiliki kemauan yang besar untuk dapat tampil, namun persiapan yang hanya tiga hari sedikit membawa kecemasan itu masuk kedalam diri.

Kecemasan itu pelahan-lahan berkurang saat ia mulai tampil dan berbicara. “Hebat” sabuah kata yang saya ucapkan sebagai apresiasi atas penampilannya. Lalu apa yang harus kita lakukan untuk membantu anak-anak kita saat mempersiapkan Public Speaking atau Presentasi mereka ? lakukan tiga hal ini !

1. Jadilah pendengar

Saat pertama kali anak-anak anda berlatih di hadapan anda, jangan pernah berikan masukan dan kritikan. Biarkanlah mereka mulai mempresentasikan materi presentasi tersebut hingga lancar untuk mereka ucapkan. Ingat kritikan diawal akan menghasilkan keragu-raguan untuk langkah selanjutnya

Baca Juga : Jangan Jual Murah Cerita Anda

2. Jadilah supporter

Sambil mendengarkan presentasi yang mereka lakukan, maka sesekali perhatikan hal yang baik yang mereka lakukan dan berikanlah pujian, ancungkan jempol atau berikan teput tangan sebagai tanda anda memperhatikan dan sekaligus mengapresiasi apa yang mereka kerjakan. Simpan Handphone anda saat mendengarkan presentasi anak anda. Nikmati setiap kata yang mereka ucapkan.

3. Jadilah teman diskusi

Setelah anak anda menguasai materi presentasi mereka, ini saat nya anda membantu mereka untuk meningkatkan kemampuan mereka dengan memberikan feedback dari apa yang anda dengar tadi. Ingatlah sesi ini bukannya sesi kritik dan saran, jadi mulailah dengan hal-hal yang baik dari penampilan mereka, lalu berikan masukan poin-poin yang menurut anda dapat mereka tingkatkan.

Saya doakan anak Anda sukses dalam presentasinya !

Demikian dari saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan
Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

“Jika anda merasa bahwa Meningkatkan kemampuan Presentasi adalah sebuah keharusan, maka silahkan klik http://publicSpeakingacademy.co.id/workshop

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *