Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Mar 17, 2020 in Articles | 0 comments

Empathic Communication

Motivator | Pembicara | Coach | “People sometimes make prescribe without examining” anonymous

Menurut Leadershippattern.com keberhasilan dalam sebuah komunikasi di tentukan oleh beberapa komponen ini : Listening 40% Talking 35% Reading 16% Writing 9%. Mungkin itu salah satu alasannya manusia memiliki dua buah telinga dan satu mulut, agar lebih sering mendengarkan di bandingkan berbicara.

Untuk menjadi seorang yang emphatic listening, maka penting untuk memahami beberapa tantangan yang berhubungan dengan hal tersebut :

1. Information overload

Masuknya informasi dalam jumlah besar dari berbagai sumber dalam waktu bersamaan membuat sulit untuk memilah dan memfokuskan diri pada satu sumber informasi saja. Oleh karena itu, saat ingin mendengarkan orang lain berbicara, maka jauhkanlah sumber informasi “pengganggu” seperti ingin membuka handphone.

2. Multitasking Culture

Kecepatan mengakses informasi juga di sertai dengan tuntunan untuk mengerjakan banyak hal sekaligus diwaktu yang sama. Hal ini tidaklah efektif, jika dilakukan sementara kita berbicara dengan orang lain. Bayangkan perasaan anak anda, saat mereka mengajak anda berbicara atau menceritakan hal-hal menyenangkan yang mereka alami sementara anda sibuk mengirimkan email ke klien anda.

3. Individualism

Sifat egosime dan mementingkan diri sendiri, menjadi salah satu faktor penghambat seseorang untuk berempati dan memiliki kelonggaran hati mau mendengarkan dengan saksama apa yang di sampaikan oleh kawan bicaranya.

4. Action Orientation

Keinginan untuk segera bertindak tanpa peduli untuk mengetahui duduk permasalahan yang sebenarnya juga tekadang menjadi penyebab emphatic communication tidak terjadi. Cobalah pahami dengan mendengarkan apa yang disampaikan oleh kawan bicara anda sehingga anda dapat memperoleh informasi yang utuh dari nya.

5. Pride / Intolerance

Menempatkan posisi di atas teman bicara akan menjadi halangan untuk dapat mengerti mereka. Tempatkanlah diri ada sejajar dengan kawan bicara anda.

6. Environment

Situasi yang tidak mendukung untuk terjadi komunikasi seperti : bising. Cobalah cari lingkungan yang mendukung untuk komunkasi terjadi

Demikian dari saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan
Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

“Jika anda merasa bahwa Meningkatkan kemampuan Presentasi adalah sebuah keharusan, maka silahkan klik http://publicSpeakingacademy.co.id/

 

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *