Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Apr 30, 2020 in Articles | 0 comments

Tips Selamatkan Keuangan Keluarga

Motivator | Pembicara | Coach | IMF meramalkan kondisi ekonomi dunia saat ini akan memasukan kondisi yang sulit seperti yang pernah terjadi di era 1930 an yang di kenal dengan era great depression.

Karena perlambatan ekonomi yang tajam, mempengaruhi berbagai bidang, pengangguran banyak, krisis perbankan, krisis kredit, maka sektor ekonomi nyaris lumpuh. Kelumpuhan ekonomi yang panjang dan lama ini akan menyebabkan depresi ekonomi semakin parah. Depresi ekonomi yang parah inilah yang disebut Great Depression.

Dan untuk mengatasi hal tersebut, penting bagi anda dan saya untuk menghemat agar dapat memperpanjang ketahanan keuangan untuk biaya hidup, contohnya : Jika biaya hidup anda setiap bulan adalah Rp 10 juta rupiah dan saat ini tabungan anda Rp 30 juta, maka daya tahan keuangan anda hanya untuk tiga bulan.

Maka, lakukan penghematan dan tabung uang yang anda hemat itu agar dapat meningkatkan daya tahan keuangan anda menjadi empat bulan.

Ada tiga hal yang harus anda lakukan :

1. Negosiasi

Atur kembali hutang-hutang anda, dengan cara melakukan negosiasi dengan pihak creditur sehingga anda mendapatkan keringan pembayaran, dimana selisihnya dapat anda tabungkan untuk biaya hidup. Contoh : meminta cuti pembayaran, memperpanjang tenor, membanyar hanya pokok atau bunga pinjaman saja.

2. Berhenti

Hentikan pengeluaran-pengeluaran yang tidak mendesak, seperti langganan aplikasi berbayar, langganan tv berbayar atau membership tahunan yang telah expire tidak perlu anda perpanjang, cuti premi asuransi anda ( jika memungkinkan )

3. Kurangi

Jika tidak dapat menghilangkan, maka anda dapat mengurangi pengeluaran anda yang tidak penting dan tidak mendesak. Seperti les anak, paket telpon, pemakaian AC di mana tidur bersama di satu kamar agar pemakaian AC dapat di kurangi, pesan makanan di luar di ganti dengan masak sendiri.

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Motivator Keuangan versi Metro TV
Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan
Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

“Jika anda merasa bahwa Meningkatkan kemampuan Presentasi adalah sebuah keharusan, maka silahkan klik http://publicSpeakingacademy.co.id/

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *