Pages Menu
Categories Menu

Posted by on May 1, 2020 in Articles | 0 comments

Cara Efektif Belajar Online

Motivator | Pembicara | Coach | Beberapa dari kita mengisi kesibukan dengan online meeting ataupun mengikuti seminar secara online. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Social Distancing “memaksa” kita untuk melakukannya. Dan terkadang efektifitas belajar online tidak berdampak secara significant jika anda tidak mengetahui pola belajar yang baik.

 Dr Benjamin Bloom, seorang psikolog pendidikan, memimpin sekelompok pendidik dalam mengembangkan teori klasifikasi tujuan pembelajaran (classification of learning objectives) yang dikenal dengan Bloom’s Taxonomy. Ini yang menjadi pijakan saya untuk membahas cara belajar efektif di online.

6 Level belajar menurut Dr Benjamin Bloom, saya singkat dengan RUnAAEvaCreate, yakni :

1. Remember

Anda hanya dikatakan belajar apabila anda dapat meningat apa yang anda pelajari, mencatat, gunakan singkatan yang lucu, konyol dan mudah anda ingat, seperti RunAAEvaCreate adalah dua hal yang harus dilakukan agar membantu anda meningat materi pelajar.

2. Understand

Pahamilah apa yang anda ingat sehigga pelajaran tersebut membekas lebih dalam di ingatan anda, buatlah kesimpulan dari apa yang anda pelajari atau tanyakan apabila ada ketidak jelasan dari poin yang di sampaikan.

3. Analizing

Di level ini, saya berbeda urutannya dengan Dr Benjamin Bloom, karena bagi saya, setelah seseorang telah memahami sebuah hal, maka ia harus melakukan analisa penggunaan hal yang ia pahami dalam beberapa conteks. Hal ini akan membawa level belajarnya lebih dalam dari sebelumnya. Contoh : Saya Bloom’s Taxonomy di USA maret kemarin, saat proses belajar berlangsung, saya membuat singkatan RUnAAEvaCreate, bertanya beberapa hal untuk memastikan asumsi saya sama dengan pengajar dan menganalisa dalam conteks pelatihan, apa yang dapat saya buat sehubungan dengan poin yang baru saja saya pelajari.

4. Applying

Setelah anda menganalisa, maka langkah berikutnya adalah menerapkan apa yang anda pahami dalam bentuk tindakan.

5. Evaluate

Hasil dari applying tersebut harus anda analisa, apakah sesuai dengan tujuan awal atau tidak.

6. Create

Anda dapat memodifikasi atau menciptakan teori baru berdasarkan hasil evaluasi yang anda lakukan, sehingga efektifitas dari teori awal menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Motivator Keuangan versi Metro TV
Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan
Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

“Jika anda merasa bahwa Meningkatkan kemampuan Presentasi adalah sebuah keharusan, maka silahkan klik http://publicSpeakingacademy.co.id/

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *