Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Sep 29, 2020 in Articles | 0 comments

Teknik Pembukaan Public Speaking dengan Visual Impact

Pembicara | “Anda harus dapat menarik perhatian Audiens, sebelum menarik minat mereka mempelajari materi presentasi Anda” Ongky Hojanto

Tiga menit awal adalah waktu yang sangat penting dalam sebuah public speaking atau presentasi, karena saat itulah Anda harus mengendalikan kegugupan Anda sekaligus harus berhasil menarik fokus dan perhatian Audiens Anda.

Oleh karena itu, penting bagi Anda menghafal kalimat pembuka untuk menyamankan diri Anda di menit awal, sekaligus kalimat pembuka tersebut juga harus dapat menarik minat audiens untuk mendengarkan apa yang akan Anda sampaikan.

Salah satu teknik pembukaan yang menarik adalah dengan menggunakan konsep visual impact, yakni teknik di mana Anda memampilkan sesuatu yang dapat di lihat oleh audiens Anda. Berikut ini adalah teknik visual impact yang dapat Anda jadikan acuan dalam membukan public speaking Anda :

1. Video

Anda dapat memulai public speaking dengan memutarkan sebuah video yang memiliki hubungan dengan topik yang akan Anda bahas. Penting untuk di perhatikan, bahwa waktu video tidak lebih dari 3 menit.

Baca Juga : 3 Cara membuat Audiens Antusias ala Obama

2. Gambar

Anda juga dapat menampilkan sebuah gambar dan meminta tanggapan dari audiens mengenai gambar tersebut. Hal terpenting adalah biarkanlah audiens Anda memberikan respon mengenai gambar yang Anda tampilkan dan tidak perlu menjelaskan dari sudut pandang Anda.

3. Magic

Bermain sulap di awal public speaking sebagai teknik menarik perhatian audiens juga merupakan teknik visual impact. Namun, penting untuk di perhatikan “pesan moral” dari sulap tersebut harus sesuai dengan topik dan latihlah permainan itu sehingga Anda tidak kelihatan amatir.

Ayo praktekan tiga hal diatas sehingga public speaking Anda lebih menarik.

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

Mau tingkatkan kemampuan public speaking anda ? Klik www.publicspeakingacademy.co.id

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *