Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Nov 16, 2020 in Articles | 0 comments

Tips menyederhanakan poin bahasa Anda

Pembicara | Coach | Motivator | Motivator Indonesia | “Orang cerdas menyederhanakan hal rumit dan orang bodah merumitkan hal yang sederhana” Albert Einstein

Public speaking ada seni dan proses mengirimkan pesan kepada Audiens Anda dengan tujuan mereka mengerti, memahami dan dapat melakukan apa yang Anda pesankan tersebut. Oleh karena itu, penting untuk membahasan dalam bentuk yang mudah di pamahi oleh mereka.

Cobalah pertimbangkan tiga hal ini untuk membuat penyederhanaan bahasan Anda :

1.Contoh

Berikan beberapa contoh sebagai penjelasan yang menerangkan atau menguatkan poin yang sementara Anda bahas tersebut. Coba gunakan contoh yang mudah dipahami oleh audiens Anda, seperti : peragakan, demonstasikan, bedah beberapa contoh kasus atau langsung di praktekan.

2. Cerita

Sederhanakan dengan sebuah cerita yang menjelaskan poin yang sementara Anda bahas tersebut. Cerita dapat berasal dari pengalaman Anda, pengalaman orang lain termasuk seorang tokoh, serta dapat berupa perumpamaan atau metafora.

3. Batasi

Sedikit tapi dalam lebih baik dibandingkan dengan luas tapi dangkal. Artinya, sedikit poin tetapi di ulas secara detail akan mudah di pahami dari pada banyak poin namun tanpa penjelasan yang detail dan contoh yang kongkrit.

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

Mau tingkatkan kemampuan public speaking anda ? Klik www.publicspeakingacademy.co.id

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *