Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Sep 24, 2020 in Articles | 0 comments

Menolak Menyerah

Tanggal 11-12 januari bulan yang lalu, sebuah seminar saya adakan untuk memberikan motivasi kepada para member perusahan MLM Biomagworld (BMW) diPadang. Kali ini, meerupakan kedatangan saya yang kedua di kota yang indah tersebut. Beberapa leader menjemput turut ikut serta dalam robongan penjemputan  dan kemudian, mengantar ke  Grand Zuri hotel yang letaknya dekat museum kota Padang.

Sepanjang perjalanan kurang dari sejam tersebut, saya berbincang-bincang dengan sang pemimpin dari para pejuang perubahan nasib ini. Khairul Basri atau biasa dipanggil pak Kaka.

Selama Lima tahun, beliau menjalankan bisnis MLM ini. Tercatat, 1 mobil BMW seri 5, 1 Mobil BMW seri 3 dan 6 mobil Honda serta Xenia, telah ia miliki. Ceritanya dengan semangat. Wajar, kata saya dalam hati.

Mengutip survey dari Michael E Gerber (konsultan bisnis lebih dari lima belas tahun dan juga seorang Pembicara Seminar) dalam bukunya E Myth, mengatakan bahwa 40% bisnis yang dibuka akan tutup ditahun pertama dan 80% dari sisanya akan tutup kurang dari lima tahun.

Sedikit sekali orang yang bertahan hingga finish dibisnis MLM yang sarat dengan penolakan tingkat tinggi. Takut ditolak adalah penyebab mengapa banyak calon “miliarder” yang buru-buru angkat tangan serta angkat kaki sebelum berhasil “angkat piala”. Kewajaran sukses dari pak Kaka disebabkan karena ia tidak pernah menolak dirinya sendiri untuk terus maju, walaupun banyak orang yang menolaknya.

Hal ini, mendorong saya untuk mulai melatih anak-anak saya untuk tidak menyerah pada kata tidak. Senin, kemarin Brinet anak kedua saya datang untuk meminta agar dia tidur dikamar saya. Dan sesuai dengan aturan dalam keluarga, masing-masing anak harus tidur dikamarnya sendiri. Secara spontan saya menolok permintaan Brinet. Dengan memelas ia meminta untuk kedua kalinya dan sayapun menolaknya.

Brinetpun meninggalkan saya dengan tubuh tak bersemangat, saya teringat akan cerita pak Kaka, bahwa selama tiga bulan setelah bergabung di MLM (BMW) ia selalu mendapat penolakan walaupun terkadang sehari bisa sepuluh kali ia melakukan presentasi.

Muncullah keinginan dihati saya untuk mengajarkan Brinet mentalitas berani ditolak. Sayapun, memanggil Brinet dan memintanya untuk mengulangi permintaannya. Dan kembali lagi, saya menolaknya, lalu kemudian memintanya mengulangi permintaannya. Hingga permintan yang ketujuh, sayapun mengabulkan permintaanya. Brinet tersenyum dan saya bertanya “Brinet, apa yang kamu pelajari dari kejadian ini ?”

“Meminta terus Pa”

“Bagus” kata saya. “Nak, dikemudian hari jika kamu menghadapi penolakan teruslah berusaha dan tidak menyerah untuk meminta lagi.”

“Ok” kata Brinet.

Semoga ia tumbuh menjadi pejuang mimpi sejati. Berjuang untuk mewujutkan mimpinya sendiri. Seorang anak manusia yang menolak menyerah. Dan seorang pribadi yang dapat menjadi Motivator bagi dirinya

shareSeriale Online

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

 

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

Mau tingkatkan kemampuan public speaking anda ? Klik www.publicspeakingacademy.co.id

Dan anda bisa konsultasi workshop public speaking ke :

Ms Eli 08113440909 /Ms Tya 08113490909

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *