Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Mar 10, 2021 in Articles | 0 comments

Tips Sukses Presentasi di Daring

Motivator | Public Speaking | Pembicara | “Kata – kata tidak mengenal jarak dan waktu, selama Anda mengucapkan dengan tepat dia tidak akan kehilangan makna” Ongky Hojanto.

Membawakan presentasi melalui daring menjadi tatangan tersendiri bagi sebagian besar orang. Pertanyaan, seperti : “Apakah bisa efektif, presentasi di daring ?” merupakan pertanyaan umum yang sering di tanyakan kepada saya. Dan tidak sedikit yang meragukan keefektifan presentasi di daring.

Tiga poin ini patut di perhatikan agar dapat membuat presetasi Anda efektif :

1. Visual

Perhatikan tampilan slide Anda. Salah satu kunci keberhasilan di kelas daring adalah slide yang menarik dan sedikit animasi sehingga tidak statis. Di perlukan unsur “kejut” karena sesuatu yang monoton akan membosankan. Termasuk perhatikan panampilan Anda, serta latar ( backgound ) yang Anda gunakan harus rapih

2. Auditory

Suara yang Anda keluarkan harus tertangkap dengan baik. Hindari suara yang terlalu kecil atau suara gangguan dari sekitar Anda yang mungkin akan terdengar oleh audiens Anda. Gunakan alat bantu dan cari ruangan yang tenang, namun tidak menggema.

3. Kinesthetic

Selipkanlah beberapa contoh dalam bentuk cerita untuk menyentuh hati dan imajinasi dari audiens Anda. Cerita akan memaksimalkan fungsi otak bagian kanan, sehingga informasi yang masuk akan tersimpan lebih lama karena masuk kedalam pikir bawah sadar audiens dengan catatan cerita tersebut di sampaikan dengan melibatkan emosi serta cara penyampaiannya harus menarik. Bagaimanapun, cerita selalu efektif di luring dan daring, jadi gunakanlah.

Bagaimana menurut Anda ?

 

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *