Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Sep 30, 2020 in Articles | 0 comments

Motivator Dari Dalam Diri

Mark Monacelli memiliki tubuh gemuk, seberak 217 kg. dan tentu saja hal ini membuat ia tidak percaya diri. Apalagi membangun hubungan serius dengan seorang wanita. Akibatnya ia sulit untuk memiliki pasangan hidup.
Rupanya, naluri lelakinya terus memanggil dan mendorong ia untuk dapat menikah dan memiliki anak. Tak ingin terus-menerus sendiri dan memiliki keinginan yang kuat untuk berkeluarga, pria berusia 34 tahun ini kemudian membulatkan niat dan bertekad untuk menurunkan berat badannya.

“Tidak mudah untuk diungkapkan, saya hampir tidak ingat apa yang awalnya membuat berat badan saya turus naik. Namun, sejak kecil setiap punya masalah saya selalu lari pada makanan,” papar Monacelli.

Tidak dapat mengendalikan keinginan untuk makan, berat Monacelli terus-menerus naik dan ia semakin sering mengalami depresi. Pernah mencoba untuk diet, bobotnya berhasil turun namun kembali naik. “Saya kemudian merasa bahwa saya layak hidup dengan perasaan yang lebih baik. Saya pantas memiliki keluarga sendiri dan dicintai. Saya ingin menikah dan menjadi tua dengan seseorang,” ungkapnya, seperti dikutip dari Huffington Post, Senin (3/1/2014).

Hal inilah yang menjadi Motivator dalam dirinya, kemudian ia memulai program penurunan berat badannya dengan membiasakan diri berjalan kaki. Ia berjalan setiap hari, mulai dari 1 km pertama, hingga ia terbiasa berjalan sejauh 5 sampai 6 km. selain itu, Monacelli memutuskan untuk menemui seorang terapis untuk membantu mengatasi depresi dan kecemasannya. Ia juga ke gym sekitar tiga atau empat kali setiap pecan, bersama beberapa sahabatnya

“Sekarang saya pastikan selalu sarapan, makan siang, dan makan malam. Pada awalnya saya hanya membiasakan diri tidak makan di atas pukul 6 sore, tapi lama-lama tidak makan sama sekali pada waktu tersebut. Secara perlahan namun pasti, cara ini sangat efektif,” tutur Monacelli. Berat badan Monacelli sedikit demi sedikit akhirnya turun dan kini berada pada angka 81 kg, ini berarti berat badannya telah turun sebanyak 136 kg.
Monacelli, tergerak untuk berubah. Tentunya ada hal yang dapat dipelajari dan diikuti dari pola pikir serta pola tindakan Monacelli, sehingga ia berhasil menurunkan bobotnya seberat 136kg.

Pola pikir yang mendorong perubahan, pertama anda harus memiliki keyakinan bahwa anda layak dan pantas untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya. Cermati pernyataan Monacelli ; “Saya kemudian merasa bahwa saya layak hidup dengan perasaan yang lebih baik “ Ini diperkuat dengan kalimat selanjutnya : “Saya pantas memiliki keluarga sendiri dan dicintai”

Kemudian motor perubahan yang mendorong ia bertindak adanya alasan yang kuat berupa keinginan, cita-cita dan impiannya untuk memiliki keluarga yang telah mendorong ia untuk berubah. Sumber motivasi untuk melakukan perubahan ada didalam dirinya. Dalam Meta Program NLP (saya ajarkan didalam Seminar NLP), ini disebut sumber motivasi Internal, yakni : termotivasi untuk memutuskan berdasarkan standart di dalam dirinya. Ada dua kategori sumber motivasi : pertama adalah motivasi untuk berubah dan bertindak karena kemauan dari dalam diri dan kedua dari luar diri seseorang.

Untuk mengetahui apakah sumber motivasi anda internal atau eksternal, maka tanyakan kepada diri anda : “Bagaimana anda tahu bahwa anda sudah melakukan sebuah pekerjaan dengan baik dalam (Konteks) ? ” (Konteks bisa di rumah, kantor, sekolah, dalam membeli sesuatu, dll.)

Orang yang tipe motivasinya Internal akan memberikan jawaban yang mengacu kepada didalam dirinya.
Contoh : “Bagaimana anda tahu bahwa anda sudah melakukan sebuah pekerjaan dengan baik dalam pekerjaa ? ”
“Jika saya pikir sudah benar.”
“Jika saya rasa sesuai dengan apa yang saya ketahui.”
Jika tipe motivasi anda adalah internal, maka temukan alasan yang kuat untuk berubah dari dalam diri anda.

shareSeriale Online

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

 

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

Mau tingkatkan kemampuan public speaking anda ? Klik www.publicspeakingacademy.co.id

Dan anda bisa konsultasi workshop public speaking ke :

Ms Eli 08113440909 /Ms Tya 08113490909

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *