Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Jun 11, 2019 in Articles | 0 comments

Tarif Listrik Naik 64,7%, Motivasi diri Untuk Kaya

Berdasarkan peraturan Menteri Energi dan Sumber daya mineral (ESDM) nomor 9/2014. Kenaikan ini akan dilakukan dalam emapat tahap yakni 1mei, 1juni, 1 september dan 1 novemner. Setiap dua bulan sekali akan terjadi kenaikan 8,6% untuk perusahan yang sudah go public dan untuk industry besar.

Kenaikan tarif listrik untuk industry akan berdampak pada kenaikan harga barang sekitar 5% menurut analisa dari Franky Sibarani, sekertaris Jenderal Gabungan Pengusahan Makanan dan Minuman (gapmmi) kepada Koran kontan. Hal yang sama disampaikan oleh Suryadi Sasminta, ketua harian Asosiasi Pemasok Garmen dan Aksesori Indonesia (APGAI), bahwa harga jual tekstil akan naik sampai 10% akibat penerapan tarif baru.

Kita tentunya tidak akan dapat mengendalikan dampak serta juga tidak dapat menahan kebijakan pemerintah dalam menaikan harga listrik untuk Industri besar tersebut. Akan tetapi kita tetap dapat focus kepada hal-hal yang didalam control kita.

Ada dua hal yang dapat kita lakukan seiring dengan kebijakan pemerintah itu.

Pertama, mengurangi jumlah pengeluaran bulan kita. Mulailah melakukan analisa, pengeluaran apa saja yang dapat anda kurangi.

Contoh :

Makan di restoran setiap minggu menjadi setiap dua minggu sekali

Biaya pulsa dikurangi dengan telpon seperlunya

Biaya bensin dikurangi dengan jalan kaki jika jarak dekat

Kedua, mulailah memikirkan untuk meningkatkan pemasukan anda.  Jika, anda adalah seorang pebisnis maka mulailah pikirkan dan motivasi cara meningkatkan profit anda dan ini sedikit lebih mudah dibandingkan dengan anda yang berprofesi sebagai karyawan.

Untuk para karyawan, ada dua cara meningkatkan pendapatan anda. Yakni secara langsung dan secara tidak langsung. Secara langsung adalah dengan mencari pekerjaan sampingan yang tidak bertentangan dengan pekerjaan anda saat ini, dimana anda sendiri yang harus bekerja untuk menghasilkan uang.

Dan secara tidak langsung anda sudah harus mulai memikirkan bagaimana membuat uang anda bekerja keras untuk anda. Biarkan uang anda harus menghasilkan lebih banyak dari sebelumnya.

Contoh : mulailah investasi di property atau di reksadana ketimbang menabung di Bank. Dan saya tidak menyarankan anda untuk tidak menabung di Bank, tetapi tabunglah dengan porsi tertentu dan sisakan sebagian uang anda untuk mulai berinvestasi.

 

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

Mau tingkatkan kemampuan public speaking anda ? Klik www.publicspeakingacademy.co.id

Dan anda bisa konsultasi workshop public speaking ke :

Ms Eli 08113440909 /Ms Tya 08113490909

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *