Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Nov 16, 2020 in Articles | 0 comments

Pidato Jokowi dalam kampanye damai

Saat ini saya akan melanjutkan bahasan kita atau studi kasus kita mengenai pidato bapak Jokowi dalam kampanye damai. Kalau dibagian pertama kita sudah membahas mengenai subject mastery dan teknik menyusun pidato yang baik atau sequencing. Saat ini kita akan lanjutkan dengan teknik penutupan serta teknik bahasa tubuh yang elegant dalam Public Speaking.

Pertama, Penutup yang “tiba-tiba”. Jokowi mengakhiri pidatonya dengan “hard landing” ibaratnya naik saat mendarat pesawat bersebut langsung berhenti. Semestinya ada basa-basi diawal, pilot memberitahu bahwa kita akan mendarat, cuacu di bandara, jarak pandang , pakai sabuk pengaman dan saat mendarat pesawat masih berjalan beberapa menit menuju ke tempat perhentian dan akhirnya berhenti. Mungkin istilah “soft landing” bisa di pakai pada situasi ini.

Contoh dari pidato Jokowi : … siapa yang dikehendaki oleh rakyat kami berdua Joko Widodo dan M Jusuf Kalla menghargai apa yang dikehendaki oleh rakyat… (tepuk tangan) (hening) Terima kasih.

Sebetulnya Jokowi bisa menutup pidato dengan menggunakan teknik ajakan.

Contohnya : … siapa yang dikehendaki oleh rakyat kami berdua Joko Widodo dan M Jusuf Kalla menghargai apa yang dikehendaki oleh rakyat… (tepuk tangan) (hening).  (gunakan ajakan sebagai penutup) Marilah kita suksesan pemilihan presiden karena masa depan Indonesia mulai hari ini ada ditangan anda. Terima kasih.

Dan S yang ketiga adalah bahasa tubuh. Ada dua poin dari sisi bahasa yang dapat kita pelajari pertama, Bahasa tubuh  pasif (tanpa ada gerakan tangan). Jokowi tidak menggunakan gerakan tangan dan hanya memegang mimbar. Sebetulnya beliau dapat lebih mempertegas poin yang ia sampaikan dengan beberapa teknik gerakan tangan.

Kedua, Tubuh goyang ke kiri dan kanan. Jokowi terlalu banyak menengok kekanan dan kekiri saat menyampaikan pidato sehingga member dampak bahasa tubuh seolah-olah bergoyang.

Inilah beberapa pelajaran Public Speaking yang dapat kita ambil dari pidato Jokowi.  Saya juga akan mengajak anda belajar dari pidato Prabowo di artikel berikutnya.

 

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

Mau tingkatkan kemampuan public speaking anda ? Klik www.publicspeakingacademy.co.id

Dan anda bisa konsultasi workshop public speaking ke :

Ms Mareti – 08124950909

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *