Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Dec 19, 2020 in Articles | 0 comments

Bocor, Bocor, Bocor (Rahasia menjadi Motivator)

Kata tersebut mendadak popular dalam beberapa tahun belakangan ini. Prabowo adalah orang yang paling berjasa dalam mempopulerkan kata tersebut. Dalam lima kali debat kandidat president, lima kali pula beliau selalu menyampaikan kata itu. Kebocoran anggaran yang konon mencapai Rp 1000 T adalah dasar beliau berteriak lantang “bocor”

Lain Prabowo lain lagi istilah bocor dalam dunia pertunjukan. Deddy Corbuzier master mentalis Indonesia dalam beberapa pertunjukannya tanpa sengaja melalukan kesalahan dan istilah “bocor” disematkan untuk pertunjukan itu.

AXN jumat 18 Juli 2014 menayangkan sebuat acara Cyrill : Rio Dejinaro. Pesulap idola saya Cyrill tampil dalam acara tersebut dimana kota Rio Dejenario menjadi latar belakang dari acara magicnya.

Dalam sebuat sesi, trip yang ia lakukan tertangkap kamera dan tidak diedit dengan sempurna oleh editor acara tersebut dan kembali kata “bocor” berlaku untuk acara itu.

Bocor mungkin akan sinonim dengan kesalahan, ketidaksempurnaan juga ada di dunia training. Seringkali Anda membuat kesalahan di dalam sesi seminar Anda.

Pada saat saya awal menjadi motivator pernah membuat kesalahan fatal saat melakukan state hypnotis dengan salah memilih audiens yang saya ajak ke depan. Akibatnya sugesti yang saya berikan tidak berefek kepada orang tersebut. Dan saya menjadikan ini, pintu masuk untuk menjelaskan bahwa tidak semua orang dengan mudah dapat dihipnotis sehingga audiens tidak perlu terlalu kuatir dan apalagi menjadi “alergi” dengan kata hipnotis.

Ada 3 hal yang bisa anda lakukan jika anda membuat kesalahan dalam seminar motivasi Anda :

  1. Pelajaran yang terpenting. Biarkan audiens anda belajar dari kejadian itu, sehingga mereka tidak mengulangi kesalahan yang anda buat.
  1. Lihat sisi positifnya. Sisi positif dari kejadian yang anda alami adalah audience Anda memperoleh pelajaran ekstra yang LIVE dan ini sangat berharga bagi mereka
  1. Bangkit kembali. Tidak perlu untuk dimasukan kedalam hati apabila Anda tampil tidak sempurna. Ingatlah para master dunia seperti Deddy Corbuzier dan Cyrill juga pernah melakukan kesalahan didalam pertunjukan mereka.

 

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

Mau tingkatkan kemampuan public speaking anda ? Klik www.publicspeakingacademy.co.id

Dan anda bisa konsultasi workshop public speaking ke :

Ms Eli 08113440909 /Ms Tya 08113490909

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *