Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Dec 24, 2020 in Articles | 0 comments

Miliki Gudang Cerita Untuk Public Speaking

“The more you leave out, the more you highlight what you leave in.” ― Henry Green

Cerita akan membangkitkan imajinasi dan merangsang emosi dari audiens Anda. Beberapa manfaat cerita dalam Public Speaking adalah :

  • Cerita menolong Anda untuk menjelaskan poin yang akan Anda bahas
  • Cerita akan membuat efek jangka panjang karena masuk ke dalam sub conscious mind dari audiens Anda, sehingga pesan yang Anda bungkus dengan sebuah cerita akan selalu diingat oleh audiens
  • Cerita akan “membumikan” materi yang Anda bahas sehingga dengan mudah untuk dimengerti

Oleh karena pentingnya cerita dalam presentasi Anda, maka ketersediaan stok cerita menjadi keharusan bagi Anda yang membawakan presentasi. Kumpulkanlah cerita-cerita ini di dalam laptop Anda, sehingga Anda memiliki gudang cerita yang sewaktu-waktu dapat Anda gunakan stok digudang tersebut untuk presentasi Anda.

Terdapat tiga jenis cerita yang mulai saat ini dapat Anda kumpulkan :

  1. Personal Stories – Pengalaman pribadi Anda. Ingatlah pengalaman-pengalaman pribadi Anda yang dapat Anda jadikan contoh untuk menjelaskan poin yang akan Anda bahas.
  2. Historical Stories – Anda dapat menceritakan kisah tentang  orang lain seperti kisah seorang tokoh yang dikenal masyarakat . Contoh : kisah perjuangan hidup sylvester stallone atau cerita tentang ketangguhan Abraham Lincoln. Atau, Anda juga dapat menceritakan kisah tentang orang lain dalam hal ini teman Anda, saudara Anda, seorang motivator ternama atau kenalan Anda dimana Anda mengetahui secara pasti keabsahan cerita yang akan Anda ceritakan karena anda mendengar langsung dari orang tersebut.
  3. Anekdot – Anda dapat menggunakan kiasan,perumpamaan atau juga metafora sebagai illustrasi untuk memperkuat poin yang akan Anda bahas.

Temukanlah cerita – cerita ini dalam buku-buku motivasi, diartikel-artikel yang beredar di internet atau ingat-ingat kembali kisah-kisah Anda pribadi dan mulailah menuangkan itu di dalam file tulisan. Simpan dokumen cerita Anda dalam sebuah folder atau “gudang cerita” dimana suatu waktu saat Anda menyusun sebuah presentasi dan  membutuhkan illustrasi berupa cerita anda tinggal membuka gudang tersebut.

 

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

Mau tingkatkan kemampuan public speaking anda ? Klik www.publicspeakingacademy.co.id

Dan anda bisa konsultasi workshop public speaking ke :

Ms Eli 08113440909 /Ms Tya 08113490909

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *