Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Posted on Okt 28, 2021 | 0 comments

Kutipan dalam Public Speaking

Pembicara | “Old words are reborn with new faces.” -Criss Jami

Pembicara | Motivator | Membuka public speaking atau presentasi Anda dengan sebuah kutipan adalah pilahan baik dan menarik karena kutipan tidak saja sebagai narasi penghantar ke isi presentasi, namun juga sebagai pintu yang mengantar imajinasi dan pemahaman audiens ke isi presentasi Anda.

Satu dari tiga jenis kutipan ini dapat Anda gunakan sebagai sebagai kalimat pembuka yang menarik :

  1. Kutipan Kitab

Kutipan dapat Anda ambil dari kitab suci yang Anda yakini atau bisa juga kitab yang di yakini mayoritas audiens Anda. Namun penting di perhatikan agar saat mengutip Anda tidak bisa malakukan kesalahan. Kesalahan yang sering terjadi yang harus Anda hindari adalah : salah pengucapan, salah letak ayat, salah mengartikan ayat tersebut.

Poin penting di sini adalah pengetahuan. Jika, Anda minim akan pengetahuan hindari untuk melakukan kutipan ini.

Baca Juga : Menjadi Moderator Handal

  • Kutipan Tokoh

Jenis kedua adalah saat Anda mengutip pernyataan seorang tokoh. Perhatikan mengenai kompetensi tokoh tersebut, alangkah baiknya sang tokoh memiliki kompeternsi di bidang yang akan Anda bahas, perhatikan juga keterkenalan tokoh itu. Semakin di kenal oleh audiens Anda maka semakin baik. Dan ketiga, perhatikan tingkat penerimaan audiens Anda mengenai sang tokoh. Hindari mengutip pernyataan dari tokoh yang di tolak pemikiran atau keberadaannya oleh audiens Anda. Dan sekirannya Anda tidak terlalu yakin, bahwa sang tokoh di kenal oleh audiens Anda, maka berikanlah latar belakangnya.

Contoh :

Criss Jami seorang penyair dari Amerika mengatakan “Kutipan adalah Old words are reborn with new faces” sehingga Anda dapat menggunakan sebagai kalimat pembuka yang menarik hati pendengar Anda

  • Kutipan  NN

Jenis terakhir adalah kutipan yang Anda pernah dengar, namun tidak ingat siapa tokoh yang mengucapkannya atau Anda dapat juga membuat kutipan Anda sendiri yang berhubungan dengan poin bahasan. Gunakan, kalimat tambahan orang bijak mengatakan sehingga kutipan tersebut dapat menjadi lebih menarik.

Contoh : Orang bijak mengatakan “Kutipan adalah cara terbaik menarik hati dan perhatian audiens untuk mendengarkan presentasi Anda”

Semoga bermanfaat

Ongky Hojanto Motivator Indonesia

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x