Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Posted on Nov 18, 2021 | 0 comments

5 KETAKUTAN BICARA DI DEPAN UMUM

Pembicara | Motivator Alasan nomor satu orang ikut workshop public speaking kami adalah untuk mengatasi rasa takut berbicara di depan umum. Ada banyak penyebabnya, tapi berikut lima penyebab ketakutan terbesar berbicara di depan umum yang sudah kami rangkum dan apa yang harus dilakukan untuk melawannya? Lets check this out!

1. Takut Dikritik

Ketakutan untuk dikomentari negatif atau dikritik orang lain saat berbicara di depan umum jadi penyebab yang paling sering kami temukan di antara peserta. Tapi pahamilah, bahwa sesungguhnya kritikus terbesar adalah diri kita sendiri. Tanamkan dalam pikiran Anda bahwa audiens hanya ingin Anda berhasil dan berhenti juga membandingkan diri Anda dengan pembicara lainnya.

2. Takut Mendadak Blank

Momen ini pasti pernah dialami oleh siapapun yang berbicara di depan umum. Mendadak ‘ngeblank’ dianggap sebagai momen paling memalukan. Lalu apa yang harus dilakukan? Cobalah membuat pidato yang singkat dan mudah diingat. Ambil jeda, tarik nafas dalam-dalam, baru kemudian lanjut ke bahasan selanjutnya.

3. Takut Berbuat Salah

Ekspektasi yang tinggi terkadang membuat kita justru takut untuk maju karena jika berbuat salah sama saja gagal dalam memenuhi harapan diri sendiri yang ingin serba perfeksionis. Ingatlah bahwa kesempurnaan itu hanya milik Tuhan. Coba saja perhatikan pembicara lain, tidak mungkin ada yang tidak pernah melakukan kesalahan selama di atas panggung. Tapi cobalah belajar dari kesalahan-kesalahan tersebut dan memperbaikinya secara bertahap, itu lebih baik dibandingkan tidak mencoba sama sekali.

baca juga : Cara menjadi S.T.A.R dalam presentasi

4. Takut Dianggap Pembual

Tantangan menjadi seorang pembicara adalah bagaimana membuat audiens menerima informasi yang disampaikan. Pasalnya, kini setiap orang mampu mengakses semua informasi di internet. Lalu bagaimana solusinya? Fokus pada apa yang Anda tahu saja. Jangan mengangkat topik yang tidak ada Anda kuasai dan bebaskan diri Anda dari tuntutan ‘serba tahu’ atau ‘serba bisa’, karena tidak mungkin seseorang bisa menguasai semua ilmu.

5. Takut Terlihat Gugup

Gugup saat di atas panggung adalah hal wajar. Tapi biasanya kalau sudah gugup, makin gugup lagi kalau audiens mulai bereaksi. Untungnya, audiens tidak akan bisa melihat kegugupan Anda selama bisa Anda kelola dengan baik. Jangan dilawan, cukup pahami saja bahwa gugup adalah hal yang pasti dialami semua pembicara, bahkan bagi yang jam terbangnya sudah tinggi.

Setelah melihat lima ketakutan terbesar di atas, apakah Anda mengalaminya juga? Atau Anda baru menyadarinya setelah membaca ini?

Selamat! Anda datang di tempat yang tepat. Kami bisa membantu Anda dalam menyiasati rasa takut yang Anda miliki. Daftarkan diri Anda segera untuk mengikuti Workshop Public Speaking Academy dan dapatkan harga spesial untuk 10 pendaftar pertama. Don’t miss it!

Semoga bermanfaat!

Translator : PL

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0811 3440 909

Sumber: https://publicspeakingforlife.com.au/2020/04/01/top-5-reasons-people-fear-public-speaking/

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x