Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Posted on Nov 27, 2021 | 0 comments

4 TIPS SUKSES MELATIH KETERAMPILAN PUBLIC SPEAKING

Pembicara | Motivator Dalam buku karangan Malcom Galdwell berjudul Outliers mengungkap rahasia jika ingin menjadi ahli dalam keterampilan tertentu kita harus menerapkan 10.000-hour rule. Bahkan dalam buku karya Anders Ericsson berjudul Peak, seseorang butuh waktu berlatih hingga 20.000 jam. Eits, tapi latihan seperti apa dulu nih?

Nah, ada empat tips sukses melatih keterampilan public speaking yang wajib dicoba!

1. Tentukan Tujuan yang Spesifik

Sebelum mulai berlatih, penting untuk menentukan tujuan dari setiap latihan yang Anda jalani. Misalnya, ‘Tidak akan melihat catatan selama lima menit presentasi Saya’ dan tidak berhenti berlatih sampai berhasil. Harus spesifik ya, karena semakin spesifik maka tujuan dari setiap latihan Anda akan semakin jelas.

2. Fokus Saat Latihan

Penting untuk fokus selama latihan. Salah satunya adalah mengatur waktu latihan. Kalau Anda terbiasa beraktivitas di pagi hari, maka atur jadwal latihan di pagi hari. Lakukan terus secara konsisten untuk mencapain tujuan yang Anda tentukan di awal memulai latihan.

3. Minta Feedback

Keberhasilan dalam berkomunikasi tidak bisa diukur hanya satu arah, tapi dua arah. Untuk itu, feedback jadi kunci utama apakah latihan Anda selama ini sudah tepat atau harus lebih ditingkatkan lagi. Dari mulai cara berbicara, memberi jeda, menaik-turunkan intonasi, gestur saat berbicara, dan lainnya yang hanya bisa dinilai dari sisi penonton.

Anda bisa berlatih berbicara di depan keluarga, atau sahabat yang menurut Anda bisa memberikan feedback membangun ya. Bukan malah menjatuhkan Anda.

baca juga : Tantangan Terbesar dalam Komunikasi

4. Keluar dari Zona Nyaman

Kebanyakan orang yang mengaku tidak ‘pandai berbicara di depan umum’ bukan karena tidak bisa, tapi karena takut keluar dari zona nyaman.  Mulailah dengan langkah kecil, seperti latihan berbicara di depan cermin atau hewan peliharaan Anda jika masih merasa malu. Pelan-pelan mulai tingkatkan level dengan berlatih di depan keluarga atau sahabat Anda, sampai kelompok yang lebih besar.

Latihan yang paling efektif haruslah latihan yang terarah. Seperti apa tuh? Yang memiliki tujuan dan sebaiknya dipandu oleh seseorang yang ahli di bidangnya, seperti pelatih, guru, coach, apapun sebutannya.

Dengan dipandu oleh ahlinya, kita bisa memangkas waktu belajar yang harusnya bertahun-tahun jadi sebulan, seminggu, bahkan hitungan hari ASAL dipandu oleh orang yang tepat.

Latihan tidak selalu harus kaku, formal atau membosankan. Justru sebaliknya, melatih keterampilan public speaking haruslah menyenangkan. Jika latihan saja tidak membuat kita nyaman, bagaimana bisa ilmu terserap maksimal. Setuju dong?

Public Speaking Academy dapat membantu Anda meningkatkan keterampilan public speaking dengan cara yang menyenangkan, dipandu oleh fasilitator yang kompeten dan tak buang banyak waktu Anda.

Segera daftarkan diri Anda untuk ikuti Workshop Public Speaking Mastery! Dapatkan harga spesial, hanya untuk 8 orang pendaftar pertama.

Semoga bermanfaat!

Translator : PL

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0811 3440 909

Sumber: https://www.forbes.com/sites/carminegallo/2020/06/29/four-steps-to-sharpen-your-public-speaking-skills/?sh=dc0daed61ae9

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x