Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Posted on Des 2, 2021 | 0 comments

7 LANGKAH MEMILIH TOPIK YANG TEPAT UNTUK PIDATO

Motivator | Pembicara Menjadi seorang speaker yang handal, tidak semata-mata bermodalkan keberanian berbicara di depan umum saja tapi apa yang disampaikan haruslah ‘berisi’. Dimulai dengan menyusun bahan pidato, memilih topiknya saja bisa jadi proses yang melelahkan. Setuju gak?

Tapi jangan khawatir! Kami punya tips yang bisa mempermudah Anda menentukan topik pidato yang tepat untuk Anda tanpa membuang-buang waktu!

1. Ketahui Tujuan dari Acaranya

Dengan mencari tahu tujuan utama sebuah acara diselenggarakan dapat membantu dalam mempersempit topik yang relevan dan sesuai dengan tujuan acaranya. Jangan suka berasumsi tanpa dasar dan cari tahu informasi sebanyak mungkin.

2. Kenali Audiens Anda

Jika sudah tahu tujuan acaranya, Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan tentang siapakah audiens Anda nanti. Tentunya mereka punya kesamaan, yaitu datang karena tujuan yang sama. Misalnya acara penggalangan dana untuk korban banjir, maka audiensnya adalah orang-orang yang senang membantu sesama. Dengan menyadari kesamaan audiens, dapat membantu Anda memilih topik yang relevan.

3. Sesuaikan dengan Kepentingan, Pengetahuan dan Pengalaman Pribadi Anda

Kalau tadi Anda fokus mencari tahu latar belakang acara dan audiens, sekarang saatnya mendengar isi pikiran Anda sebagai pembicara. Topik apa yang relevan dan menarik bagi Anda? Sebagai pembicara, penting untuk menyukai topik pidato Anda sendiri karena penyampaiannya akan menjadi jauh lebih menyenangkan. Pada tahap ini, brainstorming dimulai dan ide-ide mulai muncul ke permukaan.

4. Cari Berita Terbaru yang Relevan

Memilih topik pidato yang tepat berarti harus yang relevan. Relevansi berarti harus terkini. Apakah ada berita yang menarik bagi Anda dan audiens Anda baru-baru ini? Lakukan riset mendalam untuk mengidentifikasi topik secara menyeluruh. Kelak Anda mungkin menemukan fakta, cerita, atau ide pendukung yang bisa membantu Anda dalam proses pemilihan topik.

baca juga : Tips Ampuh membawakan Webinar

5. Brainstorming Semua Ide yang Anda Temukan

Setelah banyak ide yang tertampung, sekarang saatnya untuk bertukar pikiran dan mencatat semua ide Anda. Cobalah utarakan ide-ide yang menurut Anda menarik dengan teman. Bisa jadi lewat diskusi tersebut akan menghasilkan lebih banyak ide topik pidato. Anda bisa memiliki banyak ide, tapi ingat, waktu Anda tak banyak!

6. Persempit Pilihan Ide Topik

Ini adalah fase yang krusial. Saatnya untuk melihat kembali daftar ide Anda dan mempersempitnya menjadi tiga topik saja. Jangan bermurah hati. Pada fase ini, Anda boleh kok sedikit ‘keras’ pada diri sendiri. Mana ide yang paling relevan dengan acara nanti? Ide mana yang paling menarik bagi audiens? Topik mana yang paling dikuasai dan menurut Anda menarik? Apakah ada topik terbaru yang pasti akan disukai banyak orang? Anda harus mengikuti insting Anda dan jangan sia-siakan waktu Anda.

7. Waktunya Memilih

Buka kembali TOP 3 ide topik pilihan Anda. Pikirkan matang-matang, jangan tergesa-gesa. Ketika sudah memilih, Anda harus berkomitmen. Buatlah teks pidato yang sesuai dengan topik pilihan Anda.

Mau tahu lebih banyak tips tentang menulis pidato, penyampaian pidato, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan public speaking? Jangan lewatkan Workshop Public Speaking Mastery dan daftarkan segera diri Anda. Jika ada yang lebih cepat, kenapa pilih yang lama? Jadilah bagian dari 10 pendaftar pertama yang dapatkan harga spesial dari kami. Kami tunggu ya!

Semoga bermanfaat!

Translator : PL

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0811 3440 909

Sumber: https://publicspeakingforlife.com.au/2017/04/12/7-steps-pick-perfect-speech-topic/

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x