Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Posted on Jan 4, 2022 | 0 comments

Tips Menenangkan Hati dan Pikiran Audiens Secara Virtual

Motivator | Pembicara “What worries me is that now, communication is virtual.” – Franca Sozzani

Tantangan tersulit bagi pembicara saat ini adalah bagaimana caranya membuat presentasi virtual menarik dan audiens dapat menangkap pesan yang disampaikan. Banyak diantara kita pasti pernah menjalani presentasi virtual dan banyak pula keluhan yang muncul. Entah masalah jaringan internet yang membuat suara terputus, slide presentasi yang membosankan, belum lagi banyaknya gangguan yang muncul selama presentasi membuat audiens menjadi tidak fokus

Bahkan tidak sedikit audiens yang merasa bosan, memilih menyaksikan presentasi sambil berbelanja online lho. Tentu ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pembicara masa kini yang harus menjalankan presentasi virtual karena kondisi yang tidak memungkinkan.

Berikut ada tiga tips memenangkan hati dan pikiran audiens saat presentasi virtual yang patut Anda coba.

1. Membuat slide yang Menarik

  • Pertahankan slide berwarna dan gunakan grafik atau foto sebanyak mungkin.
  • Jangan terlalu lama berada di satu slide. Sesuaikan dengan audiens Anda sehingga materi baru dapat dipahami dengan maksimal.
  • Gunakan lebih banyak slide daripada yang biasanya Anda gunakan selama presentasi langsung. Selama presentasi langsung, bahasa tubuh dan gerakan fisik dapat membantu menarik audiens untuk tetap terhubung, namun beda cerita dengan presentasi virtual. Audiens hanya melihat slide Anda, jadi maksimalkan slide presentasi Anda.

Baca juga : Presentasi virtual, apakah mungkin?

2. Fokus pada audiens Anda

  • Buat presentasi Anda seinteraktif mungkin. Minta audiens untuk menggunakan alat yang ada di dalam software atau aplikasi yang digunakan saat rapat atau presentasi virtual Anda, misalnya, mengangkat tangan, melibatkan mereka dalam polling, dan mengajukan atau menjawab pertanyaan melalui chat atau tanya jawab.
  • Ajukan pertanyaan kepada audiens Anda. Beri tahu mereka di awal bahwa Anda akan secara acak bertanya sepanjang sesi.
  • Rencanakan interaksi setiap dua menit atau lebih.

3. Jadilah pembicara yang dinamis

  • Jika Anda memiliki akses ke webcam dan bisa digunakan saat presentasi virtual, posisikan diri Anda di layar, sehingga audiens dapat melihat Anda. Melalui web cam, Anda bisa mengutarakan ide-ide dengan penuh semangat.  Anda juga bisa lakukan dalam posisi berdiri dan bergerak, tapi jangan terlalu banyak bergerak supaya audiens tidak bingung.
  • Berlatih gaya berbicara di telepon yang dinamis dan menarik. Mungkin terasa tidak nyaman pada awalnya, tetapi penting untuk lebih banyak berlatih berbicara di telepon sehingga Anda bisa mendengar sendiri suara Anda dan menilainya. Apakah audiens akan tetap fokus dan tertarik mendengar gaya berbicara Anda seperti sekarang? Atau adakah yang harus diubah atau ditingkatkan?

Presentasi Virtual memang menjadi tantangan bagi hampir seluruh pembicara. Dengan menerapkan beberapa tips di atas semoga bisa membantu Anda dalam menjalankan presentasi virtual.

Semoga bermanfaat!

Translator : PL

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0811 3440 909

Sumber: https://www.mandel.com/blog/how-to-make-your-virtual-presentation-come-alive

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x