Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Posted on Jan 6, 2022 | 0 comments

9 Kebiasaan Komunikasi Para Pemimpin Hebat

“Great leaders communicate and great communicators lead.” – Simon Sinek

Komunikasi adalah salah satu keterampilan yang paling penting yang harus dikuasai oleh seorang pemimpin untuk menjadi sukses. Para pemimpin hebat dapat mengembangkan keterampilan komunikasi mereka sejak dini, tetapi mereka juga telah menciptakan dan memelihara kebiasaan-kebiasaan yang membantu mereka berkomunikasi dengan lebih efektif.

Ketika Anda melihat para pemimpin hebat berbicara kepada audiens atau berinteraksi dengan orang lain, praktik yang mereka kembangkan untuk membantu mereka berkomunikasi dengan baik mungkin tidak langsung terlihat. Meski begitu, keefektifannya tidak perlu diragukan lagi.

1. Mendengarkan dengan seksama

Berbicara lebih lambat, dengarkan dengan penuh perhatian, ulangi kembali apa yang Anda pikir Anda dengar untuk mengonfirmasi selama percakapan. Mendengarkan secara aktif membantu Anda menghindari kesalahpahaman tentang apa yang lawan bicara maksud di akhir percakapan.

2. Berkomunikasi tanpa menghakimi

Pemimpin hebat mampu berkomunikasi dengan orang lain tanpa menghakimi. Alih-alih bersikap egois, seorang pemimpin lebih peduli dengan orang lain dan ingin membantu mereka berhasil. Para pemimpin hebat peduli dengan orang-orang mereka dan ingin melihat mereka melakukan yang terbaik.

3. Berusaha selalu ‘hadir’

Setiap pemimpin besar sadar betapa pentingnya kehadiran mereka dan menegaskannya lewat suara, bahasa tubuh, dan postur. Mereka berkomunikasi dengan lawan bicara lewat kontak mata, terlibat dalam diskusi dan antusias dalam setiap obrolan.

4. Antusias dengan lawan bicara

Siapa yang tidak senang bisa berbicara dengan seseorang yang antusias dengan mereka? Para pemimpin hebat dapat berbicara dengan siapa saja dan menemukan sesuatu dalam diri orang itu yang mereka kagumi dan sesuatu yang menarik minat mereka.

Baca juga : Tips Membuat Audiens Aktif Saat Presentasi

5. Dapat menyesuaikan pesan mereka

Mereka mungkin tidak memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan semua anggota timnya secara langsung karena kesibukan mereka, tetapi mereka dapat menyesuaikan pesan mereka sedemikian rupa sehingga jika mereka berbicara dengan 100 orang sekaligus, mereka tetap bisa membuat semua orang senang.

6. Menjaga kontak mata

Seorang pemimpin akan berusaha membuat lawan bicaranya nyaman dengan menggunakan bahasa tubuh, termasuk melakukan kontak mata dan teknik lainnya.

7. Mengarahkan tugas dengan jelas

Jika Anda dapat mengomunikasikan apa yang Anda harapkan dari tim Anda dengan jelas, mereka dapat melakukan pekerjaan lebih baik dan melakukannya dengan percaya diri karena mereka tahu apa yang Anda inginkan. Jangan berasumsi bahwa tim Anda tahu apa yang Anda inginkan kecuali Anda sudah mengatakannya.

8. Berbicara dengan energi positif

Para pemimpin hebat membawa energi positif dan antusiasme ke dalam ruangan ketika mereka berbicara, sehingga kegembiraan dan semangat mereka menular.

9. Membantu orang lain berkomunikasi lebih baik

Pemimpin yang hebat tidak harus memberikan arahan, melainkan memfasilitasi ‘lingkungan’ dimana seluruh anggota tim dapat terlibat aktif, baik mendengarkan, menyampaikan pendapat dan saling memberikan feedback.

Kebiasaan-kebiasaan di atas bisa mulai dilakukan dan dilatih sejak dini. Mulai dari hal yang sederhana, jika Anda konsisten melakukannya, maka keterampilan komunikasi Anda akan jauh lebih baik.

Semoga bermanfaat !

Translator : PL

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0811 3440 909

Sumber: https://www.forbes.com/sites/theyec/2021/01/19/nine-communication-habits-of-great-leaders-and-why-they-make-them-so-great/?sh=16bab1986ec9

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x