Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Posted on Jan 7, 2022 | 0 comments

Cara Membuat Anda Tampil Lebih Percaya Diri

Motivator | Pembicara “Successful people have fear, successful people have doubts, and successful people have worries. They just don’t let these feelings stop them.” -T. Harv Eker

Percaya diri dianggap sebagai salah satu kualitas paling menarik yang dapat dimiliki siapa pun. Studi mengklaim bahwa percaya diri dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan, dekat dengan lawan jenis, dan bahkan menghasilkan nilai yang lebih tinggi. Sayangnya, merasa percaya diri lebih sulit dipraktikkan daripada diucapkan. Hanya sedikit orang yang mampu merasa nyaman dengan diri mereka sendiri, itu pun terkadang membutuhkan usaha.

Setiap manusia memang memiliki kelemahan, namun juga punya kelebihan. Jika Anda merasa kurang percaya diri, berikut beberapa cara untuk bisa tampil lebih percaya diri, meskipun sebenarnya Anda tidak percaya diri. Bagaimana caranya?

1. Flashback ke momen-momen saat Anda merasa percaya diri

Semua orang pasti pernah merasa rendah diri, dan begitupun sebaliknya. Momen-momen saat merasa ‘hari ini saya tampil cantik sekali’ atau ‘presentasi berjalan lancar. Good job!’, ingatlah saat-saat itu ketika Anda merasa kurang percaya diri. Bayangkan kembali bagaimana perasaan Anda saat itu dan salurkan energinya.

2. Sesuaikan postur Anda

Postur Anda memengaruhi perasaan Anda, maka gunakanlah “power pose” untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda. Dengan mengubah cara Anda memposisikan tubuh akan menipu pikiran Anda untuk menahan emosi yang akan Anda tahan dalam postur yang lebih tegas. Contohnya menunduk bisa memperburuk suasana hati, sementara jika Anda duduk tegak dan mengangkat kepala bisa membuat Anda langsung merasa lebih kuat.

3. Afirmasi positif

Afirmasi positif dapat membantu Anda merasa nyaman dengan diri sendiri. Ungkapan pasti tidak perlu rumit atau panjang. Misalnya ketika Anda merasa gugup ketika presentasi, tegaskan pada diri Anda “Saya punya slide yang menarik”. Sesederhana mungkin sehingga Anda benar-benar merasakannya.

Baca juga : 4 Tips sukses melatih keterampilan public speaking

4. Hindari merendahkan diri sendiri

Alasan utama banyak yang tidak merasa percaya diri adalah karena terlalu banyak menekan diri sendiri. Kritikus terburuk adalah diri sendiri. Setiap kali Anda memikirkan sesuatu yang buruk tentang diri Anda, segera lihatlah sisi yang baik untuk menangkalnya.

5. Pelajari cara menerima kritik

Meskipun sebagian besar masalah kepercayaan diri datang dari dalam, tapi tidak sedikit pula yang muncul akibat cara orang lain memperlakukan Anda. Anda tidak bisa membiarkan mereka menjatuhkan Anda terus-menerus. Untuk melewatinya, terimalah bahwa dikritik memang menyebalkan, jangan menyangkalnya. Namun jangan jadikan kritik sebagai hambatan dan temukan cara melewatinya.

6. Latih pola pernapasan yang berbeda

Sama halnya seperti menyesuaikan postur Anda dapat mengubah sikap Anda, begitu juga teknik pernapasan tertentu. Saat merasa cemas, Anda dapat melakukan teknis pernapasan dalam-dalam dan perlahan-lahan untuk menenangkan diri. Mengelola cara Anda bernapas dapat membuat Anda merasa lebih percaya diri.

Tidak semua orang memiliki rasa percaya diri yang tinggi, tapi bukan berarti Anda tidak bisa melatihnya untuk menjadi lebih baik.

Semoga bermanfaat !

Translator : PL

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0811 3440 909

Sumber: https://www.insider.com/how-to-be-more-confident-2018-1#let-yourself-have-bad-days-sometimes-8

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x