Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Tiga Manfaat Komunikasi dalam TIM

Komunikasi | Motivator Indonesia | Pembicara Berdasarkan penelitian yang dibuat oleh Ong Choon Hee, Delanie Ang Hui Qin, Tan Owee Kowang, Maizaitulaidawati Md Husin, Lim Lee Ping kepada 120 responden dari property development company in Malaysia yang tertuang pada jurnal Exploring the Impact of Communication on Employee Performance menemukan bahwa komunikasi antara rekan kerja dan komunikasi atasan dan bawahan yang baik akan berdampak positif pada kinerja.

Tentunya hal ini menjadi menarik, apabila di terapkan dalam lingkungan kerja dan inilah 3 Manfaat Memiliki Komunikasi Tim Kerja Yang Baik :

1. Mengatasi Masalah Dengan Efektif

Komunikasi sesama rekan kerja, maupun antara pimpinan dengan bawahan yang terjalin dengan baik akan mampu menyelesaikan permasalahan yang sementara terjadi. Hal ini di perkuat dengan pernyataan dari Robert B. Maddux dalam bukunya yang berjudul Team Building yang mengatakan bahwa pemecahan masalah dapat dilakukan dengan lebih efektif karena kemampuan komunikasi team. Selain itu, komunikasi yang baik juga dapat mendorong seseorang menjadi lebih active memberikan ide sehingga dapat membantu membuat sebuah solusi dari suatu permasalahan dengan lebih kreatif.

2. Meningkatkan Kekompakan Team

Sebuah team yang memiliki komunikasi yang baik akan dapat lebih bersedia untuk menerima pemikiran yang berbada-beda dan dapat membuat keputusan bersama sehingga terciptalah suatu keputusan bersama yang nantinya akan dilaksanakan secara bersama-sama demi tercapainya tujuan bersama, hal ini sejalan dengan yang dikatakan oleh Wandi S. Barata dan Pius M. Sumakatoyo.

3. Dapat Meminimalisir Terjadinya Miskomunikasi

Menurut  onlinelearning.binus.ac.id, Miskomunikasi merupakan suatu kegagalan dalam proses berkomunikasi. Miskomusikasi dapat menyebabkan kesalahpahaman karena pesan yang disampaikan tidak dapat diterima dengan baik. Hal ini dapat terjadi karena komunikasi secara verbal jarang diiringi dengan komunikasi non-verbal.

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x