Pages Menu
Categories Menu

Belajar Presentasi Yang Baik

Belajar Presentasi Yang Baik adalah sebuah keharusan bagi setiap individu yang ingin untuk maju. bayangkanlah, saat disekolah dan kuliah anda pasti diminta untuk memberikan presentasi didepan kelas. Dan guru serta dosennya tidak memberikan cara dan teknik untuk presentasi dengan baik dan benar.

Setelah lulus dan bekerja, maka anda mungkin akan sering di minta untuk melakukan presentasi di hadapan pimpinan atau di hadapan prosepek dengan tujuan agar terjadinya penjualan.

intinya ilmu presentasi adalah sebuah keharusan untuk anda dan saya kuasai agar dapat memenangkan persaingan dan kompetisi didalam hidup ini.

Ada empat S yang penting untuk anda kuasai agar ada dapat menyajikan sebuat presentasi yang world class dan memikat.

Pertama adalah Subject Mastery atau penguasaan akan materi yang anda akan bahas. caranya adalah dengan terus berlatih akan materti tersesebut. ingatlah pribahasa yang mengatakan pengulangan adalah ibu dari semua ketrampilan. semakin sering anda mengulangi apa yang akan anda bahas, maka akan semakin anda menguasai hal tersebut.

Kedua adalah Sequencing atau ilmu untuk menyusun sebuah presentasi yang baik dan menarik. ada tiga bagian yang penting dalam sequencing : Introduction (opener, topic dan agenda), Body dan conclution (review main poin. concluding grabber). Ingatlah bahwa opener (kalimat pembuka) adalah hal yang penting untuk anda perhatikan. Anda dapat membuka sebuah presentasi dengan kutipan, pujian atau cerita.

Ketiga adalah Showmanship. Bahasa tubuh seperti tatapan mata, posisi berdiri, gerakan tangan dan gerakan kaki serta suara adalah bagian yang juga harus anda pertahatikan untuk membuat sebuah presentasi yang baik dan menarik. Tataplah mata dari audiens anda, buatlah gerakan tangan yang bervariasai dan berdirilah dengan kokoh adalah beberapa cara untuk menghasilkan showmanship yang menarik.

Keempat adalah slide presentasi. Pertahatikan juga cara anda untuk membuat slide presentasi sehingga slide tersebut menarik, mudah dimengerti dan meninggalkan kesan yang dalam kepada audiens anda.

Hindari template dalam menyusun sebuah slide presentasi, kurangi jumlah tulisan didalam slide anda, perhatikan warna tulisan dan background slide anda.  Untuk belajar ilmu presentasi, silahkan join dalam seminar Presentation Mastery hub 082324880909