Pages Menu
Categories Menu

Motivator Indonesia

Motivator Indonesia  Cara Membuat sederhana sebuah presentasi – Keep It Simple

“Jika kamu tidak dapat menjelaskannya dengan sederhana berarti kamu belum dapat memahaminya” – Albert Einstein

Kutipan diatas saya ambil dari film fantastic 4 yang beberapa waktu lalu tayang serentak di seluruh bioskop di Indonesia.

Hal yang sama berlaku juga dalam dunia training. Isi atau materi presentasi yang akan anda ajarkan kepada para peserta hendaknya dibuat sesederhana mungkin sehingga dapat dipahami, diingat dan dilakukan. Penting untuk menjadi pertahatian anda sebagai seorang trainer karena tujuan akhir dari sebuah training adalah peningkatan kemampuan peserta.

Menjadi mustahil kemampuan perserta dapat meningkat jika mereka tidak dapat memahami apa yang anda sampaikan. Ada 3 cara untuk membuat materi training anda menjadi sederhana dan mudah untuk dipahami :

  1. Gunakan illustrasi sederhana

Anda dapat menjelaskan poin yang anda bahas dalam bentuk sebuah illustrasi cerita yang dialami dan dekat dengan kehidupan para peserta. Hal ini akan membuat mereka lebih mudah mengerti apa yang anda sampaikan

  1. Gunakan gambar yang menarik

Pada slide  presentasi anda, gunakanlah gambar yang menarik, lucu dan memiliki makna yang berhubungan dengan apa yang akan anda jelaskan

  1. Gunakan metafora

Anda juga dapat menggunakan perumpamaan dalam menjelaskan sebuah hal. Perumpamaan ini akan menyederhanakan hal yang rumit.

  1. Buatlah singkatan yang lucu

Ingatlah cara kita menghafal warna pelangi saat sekolah dulu. Anda harusnya membuat singkatan yang lucu dan menarik agar isi dari penjelasan anda dapat dengan mudah diingat oleh para peserta.

Oleh karena itu penting bagi anda menguasai ilmu public speaking sehingga akan menjadikan anda seorang pembucara yang penuh dengan percaya diri dan keberanian untuk tampil didepan audiens anda

Hal ini ditunjang oleh pemahaman dan penguasaan audiens yang datang dari jam terbang anda. Belajar presentasi dan public speaking adalah sebuah keharusan untuk anda yang ingin sukses dalam karir dan bisnis.

Meningkatkan jam terbang dengan cara teruslah berlatih adalah salah satu cara sederhana untuk mengusai ilmu dan teknik ini.