Pages Menu
Categories Menu
Pembicara Seminar

Pembicara Seminar

Pembicara seminar adalah orang yang membawakan materi secara spesifik dalam sebuah forum formal maupun informal dimana orang tersebut memiliki pengetahuan atau pengalaman.

Walaupun tidak mudah untuk mengukur kualitas seorang pembicara, namun ada tiga kriteria yang dapat di pakai sebagai tolak ukur, menurut aristoteles.

1. Ethos

Kredibilitas seorang pembicara dapat di lihat dari materi yang di sampaikan serta cara penyampaiannya.

Jam terbang dalam membawakan presentasi sebagai pembicara juga akan menentukan menarik tidaknya alur presentasi tersebut.

Kredibilitas dapat di lihat sekilas dari latar belakang pendidikan dan pengalaman pembicara yang tertuang dalam profile atau CV sang pembicara.

Cara untuk meningkatkan kredibilitas adalah dengan melatih materi presentasi yang akan anda bawakan, belajarlah dari guru – guru terbaik di bidang yang anda ingin tekuni atau jika memungkinkan dapatkanlah gelar secara akademis sehubungan dengan topik anda.

2. Logos

Poin berikutnya adalah data yang mendukung pembahasan sang pembicara. Sebagai pembicara yang credible, maka setiap poin yang di paparkan harus di dukung dengan data dari sumber terpercaya

Cara untuk meningkatkan logos adalah dengan menggali serta mengumpulkan data dari berbagai sumber terpercaya yang dapat anda jadikan sebagai acuan dalam menyusun materi presentasi

3. Pathos

Dan poin terakhir adalah cerita dari pengalaman sang pembicara. Semakin kaya akan pengalaman yang di ceritakan berhubungan dengan materi yang di bahas, maka semakin credible sang pembicara di mata audiensnya.

Cara untuk meningkatkan pathos adalah dengan mulai mengingat dan mendokumentasikan pengalaman-pengalaman spesifik anda yang ada hubungan dengan materi presentasi anda atau juga mengingat pengalaman orang lain yang ada kaitannya dengan materi presentasi anda.