Pages Menu
Categories Menu

Teknik Observasi dalam NLP | Motivator

Jika Anda belum familiar dengan NLP (Neuro linguistik program), pasti bertanya-tanya apakah ada hubungan antara NLP dan Motivasi. Jawabannya sangat berhubungan. Anda perlu mempelajari NLP untuk dapat memotivasi orang. Semua aspek kehidupan Anda, baik Parenting, Leadership, ataupun Self Actualization. Jika Anda seorang olahragawan yang terlatih pada suatu point Anda akan mendapati bahwa fisik atau kebugaran Anda telah mencapai puncak yang sama. yang membedakan adalah mental, cara berpikir, dan tehknik observasi.

Obsevasi atau pengamatan adalah salah satu bentuk NLP yang sangat berguna untuk dipakai dalam motivasi diri atau sebagai orang tua dalam hal mendidik anak (Parenting). Anda yang ┬áseorang Olahragawan yang sukses akan meng-observasi lawan Anda, kebiasaan lawan, sehingga Anda bisa menemukan “kebiasaan”dan kelemahan.

Anda yang akan mendidik anak-anak, perlu mengobservasi kebiasaan Anda, keinginannya, hobbynya, sehingga Anda bisa melihat apa yang bisa Anda terapkan pada mereka. Sebab setiap anak unik dan berbeda, Observasi adalah kunci Anda menemukan apa yang terbaik untuk setiap keinginan anak-anak Anda.

Dalam Observasi di kenal dengan istilah : “The More we Know, the More we know we dont know”. –frank Pucelik– . Banyak psikolog ternama sebenarnya “menyembunyikan” teknik ini. Banyak pasien sembuh dan takjub karena mereka menganggap bahwa psikolog mereka dapat menebak apa yang menjadi pokok dari permasalahan yang terdalam mereka dan membayar mahal untuk itu. Akan tetapi, Anda pun bisa melakukannya. Sebab di dalam otak manusia, tersimpan semua memori baik itu memori kebahagiaan ataupun traumatis yang menyebabkan masalah. Dan otak akan merespon jika memori itu di angkat atau di hubungkan, melalui pertanyaan, visualisasi, atau jika terasa. Dan tugas Anda sebagai observer adalah mengamati prilaku atau respon yang diberikan oleh orang yang Anda observasi. Jika Anda dapat menemukan responnya, maka untuk penyembuhannya akan menjadi mudah.

Dalam parenting pun Observasi sangat berguna, tidak ada sekolah di dunia ini yang bisa mengajarkan Anda mengenai Parenting. tapi dengan belajar NLP,Anda dapat membedakan keinginan dari masing-masing anak Anda. Memotivasi dia dengan tepat sesuai keinginan dia, Anda akan menjadi orang tua yang sukses dalam mendidik anak Anda.